Here Please Klik,,,,

Jumat, 18 Januari 2013

Aku Ingin Sukses

aku ingin suksesKita  dapat dengan mudah mengatakan, “Aku ingin sukses!” Selain itu, kita juga dapat dengan mudah membedakan antara orang sukses dan orang yang tidak sukses. Dari manakah kita mengenali orang yang sudah sukses tersebut? Ketika seseorang sudah mencapai sukses, biasanya hal tersebut dikenali dari raut wajah, apa yang dimiliki, barang yang dipakai, jabatan, ketenaran, pendidikan, penghasilan, atau dari waktu luang serta kebebasan waktu dari si pribadi sukses tersebut.
Agar bisa sukses, kita harus mendefinisikan sukses dengan jelas dan terukur, bukan sebagai suatu definisi sukses yang abstrak. Salah satu cara untuk menjabarkan sukses adalah melalui pertanyaan 5 W 1 H yaitu what, when, where, why, who dan how to success. Kalau diterjemahkan berarti apa itu sukses, kapan sukses diraih, dimanakah meraih sukses, kenapa harus sukses, siapa yang sudah sukses dan bagaimana cara sukses.

Apa itu sukses – kita harus mendefinisikan sukses itu apa. Secara umum sukses diartikan sebagai keberhasilan atau pencapaian tujuan yang sudah ditetapkan. Dari pengertian sukses tersebut maka sukses akan selalu berkaitan dengan unsur tujuan, sesuatu yang ingin dicapai. Dari pada bercita-cita ‘saya ingin sukses’, lebih baik keinginan untuk sukses tersebut dirubah menjadi sesuatu yang terukur. Misalnya ‘saya ingin kuliah di amerika’ atau ‘saya ingin pensiun dini umur 35 tahun’ atau ‘saya ingin menyekolahkan anak sampai S2′.
Tips: Luangkan waktu beberapa saat dan pastikan terbebas dari ganguan untuk merenungkan sukses seperti apa yang ingin Anda raih. Buatlah daftar tertulis, supaya tidak lupa, mengenai daftar sukses yang ingin diraih tersebut.
Kapan sukses diraih – kita harus definisikan batasan waktunya. Sebuah tujuan yang abstrak adalah tujuan tanpa ujung, karena kita tidak akan pernah tahu apakah kita sudah sampai ditujuan atau belum. Sama seperti orang yang bercita-cita ‘saya ingin jadi orang kaya’ atau ‘saya ingin menikah secepatnya’ atau ‘saya ingin memperoleh pasif income’ atau ‘saya ingin membeli rumah mewah”. Itu adalah keinginan yang tidak berujung karena kita tidak mempunyai batas waktu atau jumlah yang dapat diukur.
Tips: Dari daftar sukses yang sudah Anda tulis sebelumnya lengkapilah tujuan sukses tersebut dengan satuan yang dapat diukur seperti jangka waktu, ukuran, tipe, jumlah, kuantitatas, parameter atau hal detail lainnya.
Dimana meraih sukses – menyangkut bidang yang memberikan peluang untuk sukses. Disini kita dituntut untuk mempunyai pikiran terbuka tentang jalam menuju sukses. Sukses tidak selalu harus mempunyai syarat berpendidikan tinggi atau berasal dari lulusan luar negeri. Sukses tidak selalu harus diraih dengan mendirikan bisnis. Sukses tidak harus selalu diraih dengan ketenaran atau jabatan yang tinggi. Sukses memerlukan kreativitas dan pikiran terbuka. Kita harus dapat mengenali dan mengeksplorasi semua peluang.
Tips: Tetap fokus dalam bidang Anda, apakah itu karir ataupun bisnis, sambil mempelajari peluang diluar bidang utama Anda. Cari informasi, cari mentor, cari patner. Luangkan waktu untuk belajar dan praktekan.
Kenapa harus sukses – menekankan faktor motivasi untuk sukses. Jalan menggapai sukses tidak selalu mulus, lebih banyak rintangan yang akan menghadang. Bekali diri Anda dengan segudang motivasi. Jangan berpikir untuk menyerah!
Tips: Sediakan waktu untuk merenungkan kenapa Anda harus sukses. Bayangkan kesedihan, kepedihan, atau sakit hati yang akan dialami oleh Anda atau orang-orang yang Anda cintai jika Anda tidak berhasil atau tidak sukses. Anda juga bisa berlangganan artikel-artikel motivasi sebagai dorongan tambahan.
Siapa yang sudah sukses – dapat menjadi role model bagi Anda. Mempunyai tokoh idola adalah hal yang penting. Seorang panutan dapat menjadi sumber inspirasi. Dari tokoh tersebut kita dapat belajar tentang pengalaman, cara sukses, pola hidup, kebijaksanaan dan lain sebagainya.
Tips: Renungkan tentang sosok ideal yang akan dijadikan tokoh idola. Orang tua kita pun dapat kita jadikan tokoh idol kita. Pelajari dan praktekan cara dan kiat suksesnya. Mempunyai beberapa tokoh idola akan bermanfaat dalam menghasilkan keberagaman pola pikir kita.
Bagaimana agar sukses – menekankan strategi yang perlu dilakukan untuk mencapai sukses. Apa saja langkah dan strategi menuju sukses yang kita cita-cita kan? Lima pertanyaan diatas adalah jawabannya. Apa itu sukses, kapan sukses diraih, dimana meraih sukses, kenapa harus sukses dan siapa yang sudah sukses adalah jawaban bagaimana cara sukses bisa diraih.
Sukses adalah hak Anda dan juga kewajiban Anda untuk orang-orang yang Anda cintai.
Sukses Itu BEBAS

Tidak ada komentar: