Fly wheel atau roda gila meneruskan sekaligus menyimpan energi dari Crank Saft (kruk
as) mesin saat mesin hidup (berputar), Plat kopling menjadi satu-satunya
perantara tenaga mesin dengan Porseneling kita yang akhirnya tenaga ini akan
diteruskan ke Roda. Sedangkan Plat penekan( Dekrup) bekerja sebagai
pengatur kapan tenaga mesin di teruskan dan kapan tenaga mesin tidak
diteruskan, hal ini dilakukan oleh kaki kita saat menginjak atau melepas pedal
kopling melalui perantara Bantalan Tekan.
Posisi Terhubung
Pegas penekan diafragma menekan plat
penekan sehingga plat penekan terhubung / tertekan
Kanvas kopling terjepit diantara
roda gaya dan plat penekan, putaran motor dapat dipindahkan ke poros kopling.
Posisi terlepas
Pegas penekan diafragma mengungkit
plat penekan sehingga plat kopling bebas dari penekanan.
Kanvas kopling bebas dari
penekan/jepitan, putaran motor tidak dapat dipindahkan ke poros kopling.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar