Feed
Pump berfungsi untuk menghisap bahan bakar dari tangki dan menekan ke pompa
melalui fuel filter. Feed pump adalah single acting pump yang dipasang pada
bagian sisi pompa injeksi dan digerakkan oleh camshaft pompa injeksi. Manual
pump juga dipasang disini untuk mengeluarkan udara dari saluran bahan bakar
bila diperlukan sebelum mesin dihidupkan.
Ruang
bahan bakar pada pompa injeksi harus terus menerus terisi bahan bakar dalam
jumlah yang cukup, tetapi fuel pump sendiri tidak dapat memberikan bahan yang
cukup banyak pada saat mesin kecepatan tinggi. Oleh karena itu, bahan bahan
bakar diesel harus dialirkan ke pompa injeksi pada tekanan tertentu dan untuk
tujuan itu tekanan pengaliran harus dipertahankan pada 1,8 – 2,2 kg/cm (25-31
Psi).
Cara
Kerja
Feed
pump digerakkan oleh camshaft pompa injeksi yang menyebabkan piston bergerak
bolak balik sehingga dapat menghisap dan mengeluarkan bahan bakar dengan
tekanan. Pada saat camshaft tidak mendorong tappet rooler, piston mendorong
push rod kebawah karena adanya tegangan pston spring. Pada saat itu volume pada
presuure chamber membesar dan membuka inlet valve untuk menghisap bahan bakar.
Camshaft
terus berputar dan kadang-kadang mendorong psiton melalui taped roller dan push
rod. Naiknya psiton menekan bahan bakar didalam pressure chamber, menutup inlet
valve dan bahan bakar dikeluarkan dengan tekanan.
Sebagaian
bahan bakar yang dikeluarkan memasuki pressure chamber yang terletak di
belakang piston. Bila tekanan bahan bakar dibelakang piston naik mencapai 25-31
psi maka tekanan pegas tidak cukup kuat untuk menurunkan psiton akibatnya
psiton tidak dapat bergerrak lagi pompa berhenti.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar