Macam
Macam Bantalan
Crank pin & journal poros menerima
beban yang berat saat mesin berputar, oleh karena itu diperlukan bantalan
(biasa disebut metal) yang dilumasi oli untuk mengurangi beban gesekan
tersebut agar mesin bisa berputar lembut dan mendapatkan performa yang bagus.
Macam
Bantalan
Pada
poros engkol dan bagian lain yang berputar dengan kecepatan tinggi dan berbeban
berat biasanya menggunakan bantalan tipe sisipan (insert type bearing).
bantalan tipe ini mempunyai kemampuan untuk mencegah gesekan yang baik.
Berikut
beberapa tipe dari bantalan sisipan:
a.
Logam Putih
Logam
putih adalah lapisan baja yang dilapisi timah putih, timah hitam, seng dan
bahan lain, tipe ini biasanya digunakan pada mesin dengan beba ringan.
b.
Logam Kelmet
Logam
kelmet adalah lapisan baja yang dilapisi timah hitam dan tembaga, logam kelmet
lebih kuat dan tahan lama dibandingkan dengan logam putih, oleh karena itu
biasanya digunakan pada mesin yang berbeban labih tinggi.
c.
Alumunium
Pada
tipe ini lapisan baja dilebur dengan alumunium, sehingga tipe ini memiliki efek
pelepasan panas yang bagus, tipe ini sekarang lebih populer dan banyak
digunakan pada mesin bensin.
Celah
Oli Bantalan
Pada bantalan tersebut selain harus
memiliki bahan yang bagus juga memerlukan pelumasan untuk meminimalisir
keausan, nah agar oli bisa mengalir pada bantalan, diperlukan celah yang cukup.
Pada umumnya celah oli ini berkisar antara 0,02-0,06 mm dan bisa berbeda pada
tiap tipe mesin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar