1.
Beberapa Hal Umum yang Perlu Diperhatikan Berkaitan dengan
Service
Sistem EFI atau PGM-FI
a.
Pastikan
untuk membuang tekanan bahan bakar sementara mesin dalam keadaan mati.
b. Sebelum melepaskan fuel feed hose (slang penyaluran bahan bakar), buanglah tekanan dari sistem dengan melepaskan quick connector fitting (peralatan penyambungan dengan cepat) pada fuel pump (pompa bahan bakar)
b. Sebelum melepaskan fuel feed hose (slang penyaluran bahan bakar), buanglah tekanan dari sistem dengan melepaskan quick connector fitting (peralatan penyambungan dengan cepat) pada fuel pump (pompa bahan bakar)
b.
Jangan
tutup throttle valve dengan mendadak dari posisi terbuka penuh ke tertutup
penuh setelah throttle cable (kabelgas tangan) telah di lepaskan. Hal ini dapat
mengakibatkan putaran stasioner yang tidak tepat.
d. Programmed fuel
injection (PGM-FI) system dilengkapi dengan Self-Diagnostic System
(sistem pendiagnosaan sendiri) yang telah diuraikan. Jika
malfunction indicator (MIL)
(lampu indikator kegagalan
pemakaian) berkedip-kedip, ikuti Self- Diagnostic Procedures
(prosedur pendiagnosaan sendiri) untuk
memperbaiki persoalan.
e. Sebuah sistem PGM
– FI yang tidak bekerja dengan baik seringkali di sebabkan oleh
hubungan yang buruk atau konektornya
yang berkarat. Periksalah hubungan-hubungan ini sebelum melanjutkan.
2.
Jadwal Perawatan Berkala Sistem Bahan Bakar Tipe Injeksi (EFI)
Jadwal perawatan berkala sistem bahan bakar tipe injeksi
(EFI) sepeda motor yang dibahas berikut ini adalah berdasarkan kondisi umum,
artinya sepeda mesin dioperasikan dalam keadaan biasa (normal). Pemeriksaan dan
perawatan berkala sebaiknya rentang operasinya diperpendek sampai 50% jika
sepeda mesin dioperasikan pada kondisi jalan yang berdebu dan pemakaian berat
(diforsir).
Tabel di bawah ini menunjukkan jadwal perawatan berkala
sistem bahan bakar konvensional yang sebaiknya dilaksanakan demi kelancaran dan
pemakaian yang hemat atas sepeda mesin yang bersangkutan. Pelaksanaan servis dapat
dilaksanakan dengan melihat jarak tempuh atau waktu, tinggal dipilih mana yang
lebih dahulu dicapai.
Jadwal
perawatan berkala (teratur) sistem bahan bakar tipe injeksi (EFI)
No
|
Bagian
yg diservis
|
Tindakan
|
1
|
Saluran
(slang)
bahan bakar (bensin) |
Periksa
saluran bahan bakar setelah menempuh jarak
4.000 km, 8.000 km, 12.000 dan seterusnya setiap 4.000 km |
2
|
Sistem
penyaluran udara sekunder |
Periksa
dan bersihkan saluran udara sekunder
setelah menempuh jarak 12.000 km. Ganti setiap 3 tahun atau setelah menempuh jarak 24.000 km |
3
|
Putaran
stasioner mesin |
Periksa,
bersihkan, setel putaran stasioner/langsam
setelah menempuh jarak 500 km, 2.000 km, 4.000 km, dan seterusnya setiap 2.000 km |
4
|
Cara
kerja gas
tangan |
Periksa
dan setel (bila perlu) gas tangan setelah
menempuh jarak 4.000 km, 8.000 km, 12.000 km dan seterusnya setiap 4.000 km |
5
|
Saringan
udara
|
Periksa
dan bersihkan saringan udara setelah
menempuh jarak 2.000 km, 4.000 km dan seterusnya bersihkan setiap 2.000 km. Ganti setiap 12.000 km |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar