Penyetelan Rem Otomatis
Pada saat brake lining rusak, langkah
pedal lebih jauh karena gap antara lining dan drum bertambah, Maka, gap lining
harus disetel kalau dibutuhkan. Tekan brake pedal pada posisi kendaraan
bergerak mundur saat menyetel gap lining jika dibutuhkan. Saat pesal brake
ditekan pada gerakan mundur, shoe menekan drum dan bergerak searah putaran drum
dan shoe B (secondary shoe) pada gambar dibawah menjauh dari anchor pin.
Kemudian, adjusting cable menarik adjusting lever untuk memperbesar kontak
point dengan roda. Jika brake pedal ditekan pada pergerakan kendaraan mundur,
pada tipe ini gap lining akan tersetel. Jika gap antara shoe dan drum besar,
pergerakan juga bertambah dan jika gapnya mencapai titik tertentu, adjusting
lever bergerak ke notch selanjutnya pada adjusting wheel. Jika brake pedal
dilepaskan pada kondidi ini, Shoe B menekan anchor pin kembali untuk mengendurkan
adjusting cable sehingga adjusting lever kembali pada posisi semula dengan
memanfaatkan tegangan spring dengan memutar adjusting wheel satu notch.
Sehingga gap antara shoe dan drum berkurang. Sejak Shoe B menekan kembali
anchor pin saaat brake pedal ditekan pada gerakan maju, adjusting equipment
tidak akan aktif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar