Poros Engkol
Tenaga (torque) yang digunakan untuk
menggerakkan roda kendaraan dihasilkan oleh gerakan batang torak dan diubah
menjadi gerak putar pada poros engkol. Poros engkol menerima beban yang besar
dari torak dan batang torak serta berputar pada kecepatan tinggi. Dengan alas
an tersebut poros engkol umumnya dibuat dari baja carbon dengan tingkatan serta
mempunyai daya tahan yang tinggi.
Crank Journal ditopang oleh bantalan
poros engkol (crankshaft bearing) pada crankcase dan poros engkol berputar pada
journal. Masing-masing crank journal mempunyai crank arm, atau arm dan crankpin
letaknya dibagian ujung armnya. Crankpin terpasang pada crankshaft tidak satu
garis (offset) dengan porosnya. Counter balance weight dipasangkan seperti pada
gambar untuk menjamin keseimbangan putaran yang ditimbulkan selama mesin
beroperasi. Poros engkol dilengkapi lubang oli untuk menyalurkan oli pelumasan
pada crank journal, bantalan batang torak, pena torakn dan lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar