Here Please Klik,,,,

Minggu, 02 Desember 2012

Bagaimana PC Bekerja


Bagaimana PC Bekerja
  1. Aplikasi-aplikasi dari komputer.
  2. Menghidupkan kontrol komputer lewat sistem operasi.
Apa Kerja BIOS ?
  1. Mengecek apakah kartu video bisa bekerja. Kebanyakan kartu video memiliki BIOSnya sendiri yang menginisialisasi memori dan prosesor grafik yang ada di kartu. Atau jika tidak ada, biasanya ada informasi video-driver pada salah satu ROM di motherboard di mana BIOS dapat dipasang.
  2. Mengecek apakah terjadi cold boot atau reboot. Jika terjadi sebuah reboot maka BIOS akan melewati/mengabaikan semua sisa dari POST. Jika terjadi cold boot, BIOS memeriksa RAM dengan melakukan tes baca/tulis pada setiap alamat memori. Kemudian dilakukan pengecekan keyboard dan mouse. Juga dilihat status dari bus PCI, dan melakukan pengecekan semua kartu PCI yang terpasang.
  3. Jika dalam pengecekan terjadi kesalahan maka BIOS akan menginformasikan dalam bentuk bunyi beep atau pesan teks yang ditayangkan di layar monitor. Kesalahan yang terjadi pada fase ini adalah selalu kesalahan hardware. 
  4. Menayangkan beberapa detil dari sistem komputer, antara lain : Prosesor, Floppy dan hard drive, Memori, Revisi BIOS dan hari, Display
  5. Beberapa driver yang menggunakan adaptor SCSI akan dibaca informasinya dan ditayangkan oleh BIOS.
  6. Melihat urutan peranti penyimpan yang diidentifikasi sebagai perangkat booting di dalam CMOS Setup. BIOS mencoba menginisialisasi urutan boot dari perangkat pertama menggunakan bootstrap loader.
ROM BIOS
v Dalam sebuah PC, ROM disebut BIOS dan berfungsi melakukan pengujian hardware saat komputer pertama kali dihidupkan, kemudian menuju hard disk untuk membaca boot sector.
v Boot sector :sebuah program kecil, dan BIOS menyimpannya dalam RAM sesudah membacanya.
          Mikroprosesor melaksanakan instruksi-instruksi boot sector     dari RAM.
v Program boot sector akan memberitahu mikroprosesor untuk membaca data-data lain dari hard disk dan dimasukkan ke RAM, yang kelak akan dieksekusi oleh mikroprosesor.

Tidak ada komentar: