Here Please Klik,,,,

Rabu, 16 Januari 2013

Nilai dari langkah-langkah kecil oleh @Stephawie



Editor’s note : Stephanie Wiriahardja adalah Community Celebratoire Hootsuite, mentor di Startupweekend Vancouver 2012 & Lean Startup 2012. Steph juga contributor Startupbisnis yang banyak memberikan sharing dari sudut pandang seorang community person. Awal wahun 2013 ini Steph dinominasikan untuk Top 7 must follow di Vancouver. Voting dapat dilakukan di sini.

Continue creating small achievement every single day, big success will be the end result …

Di akhir tahun 2012, di sela-sela merayakan pergantian tahun dengan keluarga, aku tidak bisa berhenti untuk berpikir tentang resolusi dan gol baru untuk 2013. Jujur saja di tahun 2011 aku juga kesulitan untuk menentukan gol apa yang mau aku lakukan. Kenapa sih resolusi hanya dilakukan di akhir tahun? Kenapa kita tidak bisa memulai resolusi di saat kita pertama kali memikirkannya. Mungkin memang lebih gampang kalau ada benchmark awalnya, sehingga ketika kita berhasil mencapai resolusi itu, kita bisa melihat progres yang kita jalani selama periode waktunya. Menurut aku, gol di tahun baru itu susah, karena memang kita biasanya terlalu antusias untuk tahun mendatang sehingga membuat gol yang juga terlalu antusias. Mungkin ada yang bikin gol untuk turun berat badan 10kg, mendapatkan penghasil dobel, membeli rumah, apapun itu, kita senang membuat gol yang besar, sehingga ketika kita tidak berhasil mendapatkannya, kita kecewa dan hilang semangat untuk sisa tahunnya.
Sebelum kita bisa berjalan, kita harus belajar jatuh dan bangun dulu. Sebelumnya, kita juga harus belajar merangkak, tengkurep, dan bangun dari posisi tidur juga. Namun kita sering lupa oleh langkah2 ini dan berpikir bahwa kita bisa berdiri langsung. Dan seperti bayi, aku juga lebih suka menjalankan sesuatu dengan langkah-langkah kecil. Seperti yang kita pelajari waktu SD, sedikit-dikit kan menjadi bukit.
Hal-hal kecil bisa membantu kita setiap harinya untuk mencapai gol besar. Misalkan, aku mau turun berat badan. Untuk mencapai berat yang aku inginkan, mungkin aku mendaftarkan diri ke gym dan mengurangkan jumlah makan. Tapi sangkin ngebetnya, aku memaksa diri untuk melakukannya selama 1 minggu pertama. Setelah itu, mulai lah keluar alasan yang semakin hari semakin menjauhkan kita dari gol itu. Nah andaikan saja dari awal, kita mendedikasikan (misalnya) 15 menit setiap harinya untuk lari di sekeliling blok, nah kan jadi lebih mudah tuh. Itu 1 hal yang aku lakukan tahun lalu. Aku tidak pernah ikut lomba lari sebelumnya, tapi aku set gol bersama kakak untuk lari kecil-kecilan setiap harinya. Akhirnya, dalam 5 bulan, aku bisa lari sejauh 10km dalam 1 jam 8 menit. Memang tidak begitu cepat, tapi keberhasilan inilah yang membuat aku semakin bersemangat untuk terus latihan.
.
29133_10150177575310647_2159434_n
Kita bisa mencapai beberapa hal yang hebat dari langkah2 kecil, seperti:
  • Belajar skill baru. Belajar hal baru setiap harinya untuk 15 menit, entah itu main musik, atau belajar bahasa baru, atau merajut.
  • Bawa kebahagiaan. Bantu anak untuk belajar baca dengan membacakan dongeng, beri sedekah untuk yang membutuhkan, menawarkan payung untuk yang kebasahan, kunjungi panti asuhan. Dengan memberikan seseorang beberapa menit waktumu akan membuat hari mereka lebih ceria
  • Olahraga. Tidak bisa ke gym hari ini? Tidak masalah. Coba naik tangga ke kantor, atau jalan lebih jauh, lakukan push up dirumah. Yang pasti teruslah bergerak dan setiap gerakan terhitung.
  • Membuat sesuatu. Baca buku setiap paginya sambil minum kopi, tulis novel di BB di tengah kemacetan, bikin kartu ulang tahun. Buka pikiran kreatif mu dan nikmati hasilnya.
  • Menabung. Ingin liburan? Atau mungkin membeli elektronik baru? Mungkin kalau kita langsung keluarkan uang dari bank berasa banyak sekali. Namun bila kita menabung, misalnya Rp. 10.000 setiap harinya atau juga uang rokok, setelah beberapa saat uang membukit.
  • Berterimakasih lah. Tulis setiap harinya 3 hal yang membuat kamu senang.
  • Membina hubungan. Kapan terakhir kali kamu menelepon Oma atau Opamu? Atau menyanyikan lagu ulang tahun untuk saudaramu? Sisikan beberapa menit untuk membuat hari spesial mereka semakin spesial.
  • Terapkan perubahan. Sering kita pikir bahwa vote kita tidak akan menghasilkan apa-apa, tapi kita semua tahu bahwa butuh banyak individual untuk menerapkan perubahan. Support hal-hal yang penting dan menarik dan ikut untuk mentanda tangankan petisi untuk perubahan yang baik.
  • Selamatkan bumi. Matikan lampu di ruangan yang tidak dipakai, daur ulang kertas, buang sampah di tempatnya. Masih banyak hal-hal kecil yang kita bisa lakukan untuk selamatkan bumi kita ini.
Gunakan daftar diatas ini untuk membantu kamu mulai berpikir untuk mengambil langkah kecil setiap harinya. Pastinya masih banyak cara lainnya yang kamu bisa lakukan untuk membuat tahun ini lebih produktif tanpa memaksakan diri. Setiap kali kamu berhasil mencapai sesuatu, ambilah juga beberapa saat untuk merayakannya.
Di ulang tahun ku di bulan Oktober lalu, aku mengundang 24 teman-temanku untuk merayakan ulang tahunku dan juga untuk menulis 24 hal yang mereka dare aku untuk lakukan. Ada yang menantang aku untuk lari marathon, makan banyak, tidur pagian, makan lebih sehat, dan lain-lainnya. Ini adalah tantangan2 kecil yang kini aku gunakan untuk parameter yang aku mau capai sebelum aku ulang tahun lagi.
552174_10152245245430647_1788298735_n
Di akhir hari, semuanya selalu berjalan sesuai keinginanmu, tapi dengan menerapkan kebiasaan2 kecil, semuanya jadi terlihat lebih mudah dan gampang untuk digapai. Kita juga bisa belajar untuk lebih fokus ke hal2 kecil ini dan menyediakan waktu untuk berbahagia untuk setiap yang kita capai. Setiap harinya kita ditantang dengan tantangan baru yang terkadang berasa berat, tapi dengan membagi2nya jadi langkah2 kecil yang kita bisa ikuti setiap harinya.
Tulis di komen dibawah ini apa saja hal yang kamu harapkan untuk dicapai tahun ini dan apa yang kamu kini lakukan untuk mencapainya.
Cheers,

Stephanie Wiriahardja

Tidak ada komentar: