Cara Kerja Thermostat
a. Bila mesin dalam keadaan dingin
Saat mesin masih dingin sirkulasi air
pendingin hanya terjadi didalam mesin saja, tanpa melalui radiator, ini
dikarenakan adanya thermostat
yang masih menutup saat mesin dingin, jadi air yang mestinya kedalam radiator
tertutup oleh thermostat dan akan melewati saluran bypass untuk kembali
bersirkulasi kedalam mesin, proses ini juga bertujuan untuk mempercepat mesin
mencapai suhu kerja normal yaitu sekitar 80-90 derajat C.
b. Bila mesin dalam keadaan panas
Saat mesin sudah panas dan melebihi
temperature kerja maka thermostat
akan terbuka dan saluran bypass akan tertutup sehingga air yang sudah panas
akan dialirkan kedalam radiator untuk selanjutnya didinginkan oleh kipas dan
laju kendaraan itu sendiri, selanjutnya cairan pendingin yang sudah didinginkan
didalam radiator kembali dialirkan kedalam mesin untuk kembali mendinginkan
mesin, begitu seterusnya sampai temperature kembali turun hingga thermostat
kembali menutup, begitu seterusnya proses ini berulang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar