Here Please Klik,,,,

Selasa, 13 November 2012

Pegas Torak



Pegas torak (piston ring) dipasang dalam alur ring (ring groove) pada torak. Diameter luar ring torak sedikit lebih besar dibanding dengan torak itu sendiri. Ketika terpasang pada torak, karena pegas torak sifatnya elastis menyebabkan mengembang, sehingga menutup dengan rapat pada dinding silinder.
Pegas torak terbuat dari bahan yang dapat bertahan lama. Umumnya terbuat dari baja tuang spesial, yang tidak akan merusak dinding silinder. Jumlah pegas torak bermacam-macam tergantung jenis mesin dan umumnya 3 sampai 4 untuk setiap toraknya.

Pegas torak mempunyai 3 peranan penting :
  1. Mencegah kebocoran campuran udara dan bensin dan gas pembakaran yang melalui celah antara torak dengan dinding silinder ke dalam bak engkol selama langkah kompresi dan langkah usaha.
  2. Mencegah oli yang melumasi torak dan silinder masuk ke ruang bakar.
  3. Memindahkan panas dari torak ke dinding silinder untuk membantu mendinginkan torak.
4.      Celah Torak
5.      Pada saat torak menjadi panas akan terjadi sedikit pemuaian dan mengakibatkan diameternya bertambah. Untuk mencegah hal ini pada mesin harus ada semacam celah yaitu jarak yang disediakan untuk temperatur ruang lebih kurang 25 C , antara torak dan silinder. Jarak ini disebut celah torak (piston clearance)
6.      Celah torak bervariasi dan ini tergantung dari model mesinnya, dan umumnya antara 0,02-0,12 mm. Bentuk torak agak sedikit tirus, diamater bagian atasnya lebih kecil dibandingkan diameter dibawahnya. Selain itu celah torak bagian atasnya lebih besar dab bagian bawahnya lebih kecil.
7.      Celah torak penting sekali untuk memperbaiki fungsi mesin dan mendapatkan kemampuan mesin lebih baik. Bila celah terlalu kecil, maka akan tidak ada celah antara torak dan silinder ketika torak panas, hal ini kan menyebabkan torak menekan dinding silinder. Hal ini akan merusak mesin. Sebaliknya bila celah torak berlebihan, tekanan kompresi dan tekanan gas pembakarannya akan menjadi rendah dan akan menurunkan kemampuan mesin.

Tidak ada komentar: