Here Please Klik,,,,

Kamis, 06 Desember 2012

Apa itu komputer (1)

arsitektur
Kemajuan teknologi umat manusia saat ini sudah sangat-sangat cepat. Ditambah lagi dengan teknologi nano dan wireless, bukan tidak mungkin nanti akan ada super komputer seukuran korek api, bahkan mungkin lebih kecil dari itu.
Persaingan antar produsen komponen komputer dituding menjadi penyebab semakin cepatnya perubahan teknologi umat manusia. Masih ingatkah agan dengan perseteruan antara Samsung dan Apple? Perseteruan dua raksasa teknologi beda benua tersebut membuktikan bahwa teknologi komputer masih menjadi topik yang hangat untuk dibicarakan sampai saat ini.
Dari teknologi PC menjadi ke laptop dan akhirnya ke tablet semakin menjadikan teknologi menjadi sebuah kekuatan bagi negara-negara yang ingin maju. Dan ramalan ane (halah kayak mbah dukun aja.. ) teknologi dari negeri ginseng bakal merajai planet bumi.
Sebelum lebih jauh kita merakit komputer, ada baiknya kita mengenal dulu apa itu komputer dan apa saja komponen-komponen pendukung sebuah komputer.
Apa itu komputer? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, terlebih dahulu saya bertanya kepada Anda
1. Anda membuka web ini pakek apa?
Jawab :
a] komputer
b] handphone (bb, iphone, dll)
Kalo jawaban Anda (a) dan Anda membuka web ini dari komputer, itu artinya Anda sudah tau apa itu komputer.. kalo jawaban Anda (b) dan Anda membuka web ini dari komputer itu artinya Anda mempermainkan sayah.. heheh
Kembali ke laptop
Untuk mengetahui apa itu komputer, terlebih kita harus mengetahui sejarahnya dulu. Ya, sejarah !!! karena sejarah bukan hanya manusia purba dan perang-perangan, dengan sejarah kita bisa mengetahui alasan-alasannya, sebab akibat kenapa sampai terjadi pertumpahan darah.. lho..
Iya..
Sebelum kita mengenal apa yang kita sebut komputer seperti sekarang ini, John von Neumann menggagas arsitektur komputer digital pertama dimana komputer itu terdiri dari 4 bagian utama yaitu Unit Aritmatika dan Logis, unit kontrol, memori dan I/O, dimana ke empat bagian tersebut dihubungkan oleh Bus, nah loh bingung kan? (ada bus pulak, sekalian aja kereta api.. hehehe)
Nah, biar gak bingung tak kasih contoh gambarnya yah.. kayak di bawah ini, (kalo gambarnya belum loading, mohon ditunggu)


Perlu diingat bahwa gambar ini bukan komputer ya, gambar itu adalah motherboard pentium 4 jaman baheula, sengaja ditampilkan untuk mempermudah pemahaman mengenai arsitektur von Neumann,

Tidak ada komentar: