Here Please Klik,,,,

Kamis, 06 Desember 2012

Apa itu komputer (2)

arsitektur
Nah, setelah ente pahami baik-baik gambar dari postingan sebelumnya, pertanyaan ane.. dari ke empat blok warna tersebut, yang manakah blok memori?
Ok, mari kita liat lagi gambarnya sama-sama ..

Ayo, gan yang mana blok memori?
Yang betul adalah yang warna ungu (?!?!) seharusnya itu warna biru sih, tapi mungkin karena resolusinya berubah jadilah warna ungu, heheh.
Berikutnya blok unit kontrol yang warna apa gan? Unit kontrol warna kuning, selanjutnya blok Unit Aritmatika dan Logika berwarna merah dan terakhir blok I/O (input/output) berwarna hijau.
Trus, yang mana yang dikatakan bus tuh gan?? Sebenarnya bus itu adalah jalur data digital yang secara paralel sambung-menyambung dan terjadi transfer data antara ke empat blok tersebut. Dan sebenarnya dalam arsitektur komputer generasi pertama bus tersebut terdiri dari berbagai macam jenis di antaranya control bus, address bus dan data bus. Penjelasan lebih detail baca di wikipedia ya.
Nah dari ke empat blok tersebut yang paling banyak bloknya adalah blok I/O kenapa? karena blok ini sangat berguna bagi pemakai komputer. Dari blok I/O di atas terdapat slot untuk keyboard, mouse, monitor VGA, hard disk, floopy disk, CD-ROM, printer dan lain sebagainya, karenanya blok I/O ini juga sangat penting sebab tanpa blok ini tidak akan ada aktifitas untuk menjalankan sebuah komputer. Coba agan bayangin gimana tuh komputer tanpa monitor?!?!
Dan ada blok yang bisa diupgrade (naik spesifikasi) yaitu blok memori dan blok Unit Aritmatika dan Logika (CPU). Iya.. agan bisa ganti spesifikasi memori agan mungkin dari 2GB menjadi 4GB dengan memperhitungkan kemampuan CPU dan motherboardnya itu sendiri. Agan juga bisa mengupgrade CPU tapi dengan memperhitungkan kemampuan dari motherboardnya. Bisa baca spesifikasi teknik dari motherboard.

Tidak ada komentar: