Brake valve membuka dan menutup diatur oleh brake pedal dan
mengontrol gaya pengereman dengan menggunakan tekanan udara yang disuplai dari
air tank tergantung pada langkah pedal. Dengan kata lain, upper plunger menekan
main spring dan menutup exhaust valve kemudian, membuka supply valve. Kemudian,
udara yang bertekanan dari air tank dikirim untuk melepaskan valve pada front
brake, relay valve untuk rear brake dan setiap brake chamber sehingga performa
pengereman bertambah. Jika pedal dilepas, plunger kembali pada posisi semula
untuk membuka exhaust valve dan membuang udara yang baru dipakai untuk
pengereman.
2)
Quick release valve
Quick release valve membuka brake chamber valve untuk membuka
setiap lubang untuk front brake chamber ketika pedal ditekan dan udara yang
bertekanan mengalir melalui inlet dari brake valve. Maka, udara yang bertekanan
tersebut akan aktif dalam brake chamber untuk melakukan pengereman pada roda.
Jika pedal dilepas, tekanan pada berkurang karena udara keluar melalui brake
valve. Kemudian, valve kembali pada posisi semula karena adanya tegangan dari
spring untuk membuka exhaust hole sehingga udara pada front brake chamber keluar
dengan cepat untuk membebaskan rem.
3)
Relay valve
Ketika pedal ditekan dan tekanan udara dari brake valve
aktif, relay valve menyuplai udara lanngsung ke rear brake chamber untuk
melakukan pengereman pada roda dengan menggerakkan diaphragm kebawah sehingga
menutup exhaust valve dan membuka supply valve. Jika pedal dilepas dan tekanan
didalam diaphragm dari brake valve turun hingga lebih rendah dari tekanan
didalam brake chamber, diaphragm bergerak keatas untuk membebaskan rem sampai
tekanan chamber menyeimbangkan tekanan pada diaphragm dengan mengeluarkan udara
dengan cepat.
4)
Brake chamber
Jika pedal ditekan dan tekanan udara yang diatur melalui
brake valve masuk kedalam chamber diaphragm menekan spring dan bergeser.
Sehingga, push rod memutar cam melalui slack adjuster sehingga brake shoe
mengembang untuk menekan drum untuk melakukan pengereman. Jika pedal
dilepaskan, diaphragm kembali ke posisi semula karena adanya
tegangan dari spring untuk membebaskan rem.
tegangan dari spring untuk membebaskan rem.
(3)
Slack adjuster
Slack
adjuster memutar camshaft dan mengontrol gap antara brake shoe dan drum didalam
brake drum.
(4)
Low pressure indicator
ketika
tekanan pada air tank untuk pengereman lebih rendah dari spesifikasinya, lampu
tanda peringatan warna merah akan menyala dan buzzer berbunyi untuk
menginformasikan kepada pengendara tentang tekanan udara yang rendah untuk
pengereman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar